5 Makanan yang Dapat Menjaga Kesehatan Jantung Anda

Makanan meningkatkan kesehatan jantung. (Foto: shutterstock)

Sukoharjonews.com – Kita dapat melakukan yang terbaik untuk menjaga jantung kita tetap berdetak dan menjaga diri kita bebas dari penyakit jantung. Tetapi cara yang paling berdampak untuk memberikan terapi ‘bahagia selamanya’ pada jantung Anda adalah dengan memeriksa apa yang Anda makan.

Dikutip dari NDTV Food, pada Rabu (26/4/2023), jika Anda ingin menjaga jantung Anda berdetak dengan cara yang benar dan menjauh dari penyakit jantung, Anda dapat mulai melakukan perubahan dalam pola makan Anda. Untuk memulainya, kita harus mengurangi asupan makanan tinggi lemak, kolesterol, atau sodium dan memperbanyak konsumsi vitamin, mineral, kolesterol baik dan elemen pelacak agar tetap seimbang. Berikut makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung Anda:

1. Ikan
Ikan adalah salah satu sumber utama asam lemak omega-3 dan protein. Asam lemak omega-3 membantu menjaga kesehatan jantung. Kami sering menyarankan orang untuk meningkatkan asupan Omega-3 dengan makan ikan. Ini mengurangi risiko detak jantung abnormal dan memperlambat pertumbuhan plak di arteri. Jika Anda percaya pada penelitian, Anda harus makan 100 gram ikan setiap hari.

2. Kacang-kacangan
Ada lebih dari 100 jenis dal yang tersedia di India. Mulailah menambahkan dal ke makanan Anda setiap hari. semua dapat secara signifikan mengurangi tingkat low-density lipoprotein (LDL) atau “kolesterol jahat.” Sarat dengan serat, protein, dan polifenol antioksidan, dal adalah makanan super untuk ditambahkan ke dalam diet Anda.

3. Jeruk
Buah jeruk yang manis dan berair membuat musim dingin di India layak untuk ditunggu. Tapi tahukah Anda jeruk juga bisa membantu mencegah serangan jantung? Benar bahwa. Jeruk kaya akan serat pektin pelawan kolesterol. Ini juga mengandung potasium, yang menjaga tekanan darah tetap terkendali. Studi mengungkapkan, dua cangkir jus jeruk segar setiap hari meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

4. Biji chia dan biji rami
Sekarang tersedia dengan mudah di pasaran, biji Chia dan biji rami adalah makanan super. Ini adalah beberapa sumber utama asam lemak omega-3 nabati yaitu. asam alfa-linolenat. Mengonsumsi biji chia secara teratur akan membantu menurunkan kadar trigliserida, LDL, dan kolesterol total. Omega-3 mengurangi risiko penyimpangan dalam sistem yang dapat menyebabkan serangan jantung, seperti trombosis dan aritmia.

5. Bayam
Tidak ada yang pernah mendengar Poppeye menderita serangan jantung. Itu karena dia telah menambahkan bayam dalam makanan sehari-harinya. Kaya akan magnesium, bayam membantu menjaga irama jantung tetap sehat. Kami menyebutnya sebagai salah satu sumber magnesium makanan terbaik dengan manfaat kesehatan yang luar biasa. (cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar