5 Kebiasaan Ini Bisa Cegah Bau Badan Agar Tubuh Tetap Wangi Sepanjang Hari

Cegah bau badan (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Bau badan tentu menjadi hal yang sangat dihindari. Hal ini tidak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman pada diri sendiri, tapi juga bisa mengganggu orang lain. Oleh sebab itu, kamu perlu memastikan tubuhmu terhindar dari bau tidak sedap.

Dilansir dari Beautynesia, Kamis (15/6/2023), Umumnya, kamu mungkin menggunakan parfum untuk membantu menjaga tubuh tetap wangi. Meski demikian, selain memakai parfum, ada sederet kebiasaan lainnya yang bisa kamu terapkan untuk mencegah bau badan. Ketahui hal tersebut melalui ulasan berikut ini. Simak!

1. Cermati Pemilihan Sabun
Mandi saja tidak cukup, kamu perlu memperhatikan jenis sabun yang digunakan untuk membantu menghindari bau badan. Kamu bisa memilih sabun yang memiliki aroma segar.

Tak sampai di situ, kamu juga perlu perhatikan penggunaan body lotion. Selain mencari body lotion yang memiliki fungsi untuk melembapkan tubuh, kamu juga dapat mempertimbangkan aroma saat ingin membeli body lotion.

2. Pakai Deodorant
Penggunaan deodorant menjadi salah satu cara terbaik yang bisa kamu biasakan untuk mencegah bau badan. Terkait ini, kamu dapat memilih jenis deodorant dengan kandungan antiperspirant yang kuat.

Kandungan tersebut memiliki bahan kimia berupa aluminium klorida yang bisa membantu menahan keringat. Adapun untuk hasil yang lebih maksimal, maka kamu sebaiknya mengaplikasikan deodorant dua kali sehari yakni pada pagi dan malam hari.

3. Perhatikan Makanan
Bau badan turut dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Jika kamu merasa mudah bau badan, maka sebaiknya kamu perhatikan kembali makanan yang biasa kamu konsumsi.

Upayakan untuk menghindari makanan yang berbau kuat karena dapat memicu bau tidak sedap di tubuh. Misalnya saja, bawang putih, bawang merah, jengkol, hingga pete. Sebaliknya, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung serat seperti sayuran dan buah-buahan yang dapat memberikan aroma segar pada tubuh.

4. Hindari Stres
Memperbaiki gaya hidup menjadi hal lainnya yang juga dapat membantu mencegah timbulnya bau badan. Tanpa banyak disadari, gaya hidup seperti sering stres akan mempengaruhi keseimbangan hormon dan produksi keringat.

Hal tersebut pada akhirnya bisa menyebabkan munculnya bau kurang sedap di tubuh. Oleh karena itu, pastikan kamu memiliki pengelolaan stres yang baik. Kamu bisa rutin lakukan meditasi, olahraga, hingga jurnaling untuk membantu menenangkan pikiranmu.

5. Perhatikan Pakaian
Kemunculan bau badan juga tak terlepas dari faktor pakaian yang digunakan. Pastikan kamu memakai pakaian dalam kondisi benar-benar kering. Sebab, pakaian yang masih lembap dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri. Hal inilah yang nantinya memicu bau tidak sedap di tubuh.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar