5 Cara Memilih Buah Melon yang Baik

Memilih melon yang baik. (Foto: tasting table)

Sukoharjonews.com – Melon merupakan salah satu buah yanh banyak digemari bagi semua kalangan. Selain enak dijadikan jus, dicampurkan ke air es, buah melon juga enak dimakan secara langsung. Buah yang berair ini memiliki kulit yang terjaring dan biasanya berwarna oranye atau hijau di bagian dalam.


Dikutip dari NDTV Food, pada Kamis (4/5/2023), buah Melon sarat dengan antioksidan dan memiliki kandungan air yang tinggi, mereka dianggap sebagai salah satu buah terbaik untuk mengalahkan panas terik musim panas. Anda akan menemukannya dimuat di mana-mana, baik di supermarket atau penjual buah lokal Anda. Namun, satu masalah yang kita semua hadapi saat membeli melon adalah menentukan apakah sudah matang atau belum. Oleh karena itu, simak tips memilih melon yang sudah matang berikut:

1. Periksa Batangnya
Hal lain yang harus diperhatikan saat menentukan matangnya melon adalah memeriksa apakah batangnya masih menempel. Melon yang matang secara alami akan terlepas dari batangnya, sedangkan melon yang dipotong terlalu cepat masih ada sebagian yang menempel. Ujung batang harus bulat dan halus.


2. Periksa Baunya
Bau melon adalah indikator utama kematangannya. Melon yang matang harus memiliki aroma yang manis dan sedikit wangi di dekat ujung bunga (ujung di seberang batang). Namun, jika baunya terlalu manis, kemungkinan besar sudah terlalu matang.

3. Berikan Ketukan
Ketuk melon beberapa kali dengan tangan atau jari Anda dan dengarkan suaranya dengan cermat. Jika Anda mendengar suara rendah dan padat, berarti melon Anda sudah matang. Sebaliknya, jika suaranya hampa atau bernada tinggi, itu bukan pertanda baik.


4. Periksa Warnanya
Warna melon biasanya menjadi hal pertama yang kita perhatikan saat membelinya. Melon yang matang akan berwarna krem ​​​​atau krem ​​​​kekuningan, atau hijau muda, dengan sedikit atau tanpa bercak hijau. Indikator kematangan lainnya yang baik adalah adanya anyaman pada kulit.

5. Periksa Beratnya
Terakhir, ambil melon dan rasakan beratnya. Melon yang matang akan terasa berat karena diisi dengan daging buah yang manis dan berair. Jika terasa terlalu ringan, kemungkinan belum matang. Yang terbaik adalah merasakan beberapa melon dan memilih yang terasa paling berat.

Jika melon Anda belum matang, sebaiknya simpan di suhu ruangan selama 2-3 hari. Setelah matang, mereka dapat disimpan di lemari es hingga empat atau lima hari. Jika Anda sudah memotong melon, pastikan untuk menutupinya dengan benar dan konsumsilah dalam beberapa hari. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *