3 Manfaat Storytelling untuk Mental Health yang Penting Diketahui

Manfaat storytelling untuk kesehatan mental. (Foto: Pixabay)

Sukoharjonews.com– storytelling atau bercerita dan kesehatan mental seseorang. Dalam artikel ilmiah tersebut dikatakan bahwa menjelajahi kisah pribadi, merenungkannya, mengubah cerita dan membagikannya ke banyak orang kemungkinan besar akan membuat diri kita lebih rapuh. Namun di waktu yang sama akan membuat diri justru menjadi lebih tumbuh dan sembuh.

Ketika bercerita, ada rasa kenyamanan dan kelapangan hati yang lepas dari pikiran dan hati. Dengan bercerita akan membantu diri kita menegaskan, mengingat tentang siapa diri kita atau hanya sekadar menghabiskan waktu saja.

Maka dari itu, ada banyak manfaat storytelling bagi kesehatan mental seseorang, dilansir dari Very Well Mind, Sabtu (7/1/2023) simak berikut ini:

1. Meningkatkan Keterampilan Mendengar dan Menumbuhkan Imajinasi
Saat bercerita atau storytelling, diri kita dilatih untuk menjadi pendengar yang baik bagi cerita orang lain. Mendengar juga dapat mengembangkan imajinasi dan memperluas pemikiran tentang suatu cerita. Tahukah kamu, di saat bersamaan dengan munculnya imajinasi dapat meningkatkan kecerdasan.

2. Meningkatkan Empati dan Daya Ingat
Ketika mendengar cerita seseorang, kita turut memahami ceritanya dan juga belajar untuk menumbuhkan empati. Empati adalah suatu keadaan di mana seseorang merasakan pikiran, perasaan atau keadaan yang sama dengan orang lain. Misalnya, saat temanmu bercerita ketika kehilangan kucingnya di jalan, kamu pun juga turut merasakan sedihnya.

3. Meningkatkan Emosi Positif
dalam psikologi positif, saat menceritakan kisah pada seseorang, ternyata mampu mengendalikan suasana hati dan citra diri kita. Ini tentu berbanding lurus dengan emosi positif yang diciptakan usai bercerita. Emosi positif memungkinkan kita untuk mengatasi kesulitan dengan lebih baik dan menghadapi hambatan yang kita hadapi.

Nah, itulah informasi terkait manfaat storytelling untuk kesehatan mental. Hanya dengan bercerita, mendengarkan cerita, dan berbagi cerita ternyata kita sudah melakukan sesuatu yang baik untuk kesehatan mental. (patrisia argi/mg)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar