3 Hal Penyebab Perut Buncit yang Harus Diketahui

Penyebab perut buncit. (Foto: Freepik)

Sukoharjonews.com – Perut buncit menjadi salah satu permasalahan yang kerap dikeluhkan banyak orang. Selain dapat menurunkan rasa percaya diri karena mengganggu penampilan, perut buncit juga bisa berbahaya bagi kesehatan.

Misalnya, meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, hepatitis, hingga stroke.Dilansir dari Healthline, ada beberapa penyebab perut buncit.

1. Stres
Stres kronis dapat menyebabkan penumpukan lemak visceral dan membuatnya sulit hilang karena dapat meningkatkan produksi kortisol secara berlebihan. Selain itu, tingkat kortisol yang lebih tinggi dalam hal makanan dapat menyebabkan beberapa orang memilih makanan berkalori tinggi demi mencari rasa ‘nyaman’ dan puas, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

2. Kurang gerak
Gaya hidup yang kurang gerak dan kurangnya aktivitas fisik dikaitkan dengan sejumlah risiko kesehatan, termasuk penambahan berat badan dan peningkatan lemak perut. Solusinya, targetkan setidaknya 150 menit aktivitas fisik sedang hingga berat setiap minggu.

3. Makanan dan Minuman Manis
Banyak orang tanpa sadar telah mengonsumsi gula melebihi batas harian yang dianjurkan. Makanan yang mengandung gula berlebih misalnya muffin, sereal, makanan kemasan, dan makanan olahan. Hal ini pada akhirnya dapat meningkatkan timbunan lemak dalam perut. (patrisia argi/mg)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar