3 Cara Memperbaiki dan Menggunakan Kembali Nasi yang Terlalu Lembek

Tips memperbaiki nasi yang terlalu lembek. (Foto: Pinterest)

Sukoharjonews.com – Nasi yang lembek atau basah sudah terlalu matang dan menyerap begitu banyak air. Butiran beras pecah akibat penyerapan air yang berlebihan, mengubah tekstur dan menghasilkan produk yang terlalu lembek.

Dilansir dari Slurrp, Senin (22/1/2024) beberapa hal berikut dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut:

Panaskan di dalam oven
Jika nasi hanya sedikit terlalu matang dan teksturnya masih utuh, cobalah merendamnya dalam saringan atau saringan halus untuk menghilangkan sisa air sebelum menyebarkannya secara merata di atas loyang. Setelah itu hangatkan selama kurang lebih lima menit di dalam oven dengan suhu 350 derajat. Memanaskan kembali nasi mungkin akan cukup mengeringkan nasi untuk mendapatkan tekstur yang diinginkan.

Tiriskan dan masak lagi di atas kompor
Coba tiriskan dan bilas nasi, lalu panaskan kembali di atas kompor untuk menghilangkan sebagian kelembapannya jika nasi agak matang tetapi tidak terlalu lembek.

Gunakan roti
Jika nasi memiliki sisa air dalam jumlah yang cukup, tutupi panci dengan selembar roti, dan biarkan nasi terus dimasak dengan api kecil daripada ditiriskan. Roti akan mulai menyerap cairan di dalam panci setelah beberapa saat.

Cara memanfaatkan kembali nasi lembek

Nasi Goreng
Buatlah nasi goreng jika nasi Anda belum terlalu basi. Sebelum memisahkan biji-bijian untuk mengeringkan kelebihan pati, tiriskan beras untuk menghilangkan kelebihan air (jika perlu), lalu bilas dengan air dingin. Setelah dibilas, panggang nasi dalam wajan atau wajan yang sudah dibumbui di atas kompor dengan minyak dengan api besar.

Setelah nasi mulai sedikit renyah, keluarkan dari wajan. Selanjutnya, tumis protein dan sayuran secara terpisah sebelum menggabungkan semuanya.

Puding Nasi
Puding nasi, atau Arroz con Leche dalam masakan Meksiko, dibuat dengan mengubah nasi menjadi makanan manis dengan menambahkan susu, vanila, dan gula sebagai perasa.

Bubur
Dengan menambahkan lebih banyak air, dapat mengubah nasi lembek Anda menjadi bubur Cina atau okeu Jepang yang lebih mudah beradaptasi dan dapat disantap kapan pun. (wisnu-mg3/nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar