15 Gejala Awal Sakit Ginjal yang Tidak Disadari

Ilustrasi.

Sukoharjonews.com – Penyakit ginjal merupakan panyakit dengan angka kematian ke-10 tertinggi di indonrsia. Gejala penyakit ini terkadang tidak disadari sehingga sering diabaikan. Padahal, kita bisa mengenalinya sehingga bisa melakukan pencegahan sejak dini.

Berikut ini gejala aeal sakit ginjal yang tidak di sadari oleh banyak orang, dikutip dari Channel Youtube Emasuper:

1. Kelelahan sepanjang hari
Ginjal yang sehat akan menghasilkan hormon disebut eritropoetin, hormon ini merangsang tubuh untuk memproduksi sel darah merah sebagai pengangkut oksigen maupun nutrisi ke seluruh tubuh. Ketika ginja mengalami kerusakan, maka produksi sel darah merah akan menurun dan berkurang. Hal itu membuat tubuh mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah sehingga asupan oksigen maupun nutrisi seluruh tubuh akan mengalami kelelahan sepanjang waktu.

2. Merasakan kedinginan sepanjang hari
Merasakan kedinginan padahal orang lain merasakan hangat. Pada kondisi normal, tubuh memiliki regulator suhu yaitu akan menyesuaikan suhu tubuh sekitar 35-36 derajat. Namun ketika tubuh mengalami anemia pasukan sel darah merah berkurang maka termo regulator suhu itu akan mengalami masalah sehingga membuat kalian merasa kedinginan sanjang hari.

3.Sesak nafas
Gangguan sesak nafas pada ginjal itu diakibatkan oleh dua hal yang pertama anemia, akibat kurangnta pasokan oksigen pada seluruh tubuh dan kedua ketika tidak berhasil menyaring pasokan darah ataupun mengembalikan darah dengan baik sehingga terjadi penumpukan cairan pada paru-paru itu membuat seseorang mengalami rasa sesak. Biasanya sesak pada penderita gangguan ginjal itu lebih sering pada malam hari akibat perubahan posisi karena sering berbaring. Akhirnya terjadi penumpukan cairan pada paru-paru.

4.Sulit berfikir
Merasa pusing dan sulit untuk berfikir jernih. Anemia akibat kerusakan ginjal itu menurunkan pasokan oksigen maupun nutrisi pada otak, sehingga membuat kita sering pusing, sulit berkonsentrasi, sulit mengingat dan sulit untuk berfikir lebih jernih lagi.

5. Tubuh terasa gatal sekali
Ginjal berfungsi untuk menyaring kotoran atau limbah-limbah pada darah. Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, maka kotoran atau limbah tersebut masih terdapat pada darah.

6. Bengkak kaki tangan
Ketika ginjal gagal mengeluarkan cairan-cairan ekstra pada tubuh maka cairan tersebut akan menumpuk pada kaki maupun pada tanggan kalian, sehingga menyebabkan bengkak atau sering disebut pitting edema.

7. Bengkak kelopak mata
Sakit ginjal sering mengalami bengkak diarea wajah terutama diarea kelopak mata. Penimbunan tidak hanya diarea kaki maupun tangan namun juga bisa diwajah, terutama area deket mata.

8. Makanan terasa seperti logam dan menimbulkan bau busuk pada mulut
Penumpukan limbah dalam darah atau disebut uremiadapat menyebabkan saraf-saraf perasa pada daerah lidah itu menjadi berbeda sehingga kalian akan merasakan rasa makanan seperti logam dan membuat mulut berbau lebih busuk dari pada biasanya. Sehingga menurunkan nafsu makan pada penderitanya.

9. Nafas baunya seperti amonia
Kadang orang yang menderita gangguan ginjal nafasnya bisa berbau seperti urine, bau pipis.

10.Sakit perut, mual dan muntah
Penumpukan limbah yang parah dalam darah itu bisa menyebabkan mual dan muntah sehingga seseorang bisa mengalami kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan yang drastis saat mengalami masalah pada ginjal.

11.Sering terbangun untuk pipis
Ginjal yang berfungsi sebagai penyaring darah itu mengalami kerusakan, maka darah yang seharusnya bisa disaring dengan optimal itu akan langsung melewati ginjal tanpa disaring, sehingga meningkatkan keinginan untuk buang air kecil. Kalau misalnya ada batu ginjal itu meningkatkan rasa tekanan.

12.Urine berbusa atau berbuih
Jika ada masalah pada ginjal maka penyaringan protein ataupun albumin pada sel darah merah itu akan menurun, sehingga protein tersebut akan langsung keluar melalui urine. Saat pipis urine akan memunculkan buih busa atau berbau seperti amoniak yang menyebabkan seseorang gangguan ginjal biasanya urine akan berbusa dan berbuih. Urine berwarna coklat, merah maupun ungu. Ginjal yangs sehat akan menyaring sel darah merah dengan optimal sehingga meninggalkan sisa urine kuning pekat atau kuning jernih.

13.Urine bewarna merah, coklat, ungu
Jika ginjal gagal menfiltersel darah merah bisa saja sel darah merah bisa ikut ke dalam urine sehingga urine yang seharusnya kuning itu akan berubah warna kemerahan, coklat ataupun ungu.

14.Otot sendi kram dan nyeri
Ginjal menyaring sel darah pada tubuh itu menyebabkan ketidak seimbangan cairan maupun elektrolit pada tubuh. Ketidakseimbangan elektrolit itu membuat otot maupun sendi-sendi pada tubuh lebih sering terasa keram.

15.Tekanan darah tinggi
Tekanan darah yang tinggi bisa menjadi salah satu gejala penyakit ginjang. (latifa-magang 02/nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar