11 Tips Menebalkan Alis Secara Alami, Sangat Mudah Dilakukan

Tips menebalkan alis secara alami. (Foto: Halodoc)

Sukoharjonews.com – Memiliki alis tebal dan rapi merupakan dambaan bagi kebanyakan wanita, terutama bagi mereka yang mempunyai alis tipis. Alhasil, mereka melakukan berbagai cara menebalkan alis untuk membuat penampilan lebih menarik. Alis yang tipis bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti penggunaan produk perawatan berbahan kimia, terlalu berlebihan mencabut alis, gangguan hormon, pertambahan usia, stres, hingga kondisi medis tertentu.


Dikutip dari Sehatq, Minggu (19/6/2022), selain menggunakan pensil alis sebagai cara membuat alis tebal, sebagian orang lainnya ada yang melakukan sulam alis agar terlihat rapi dan tebal, walaupun harus merogoh kocek yang tidak sedikit.

Akan tetapi, sulam alis dapat menimbulkan risiko gangguan kesehatan di sekitar mata. Untuk itu, simak berbagai cara menebalkan alis secara alami yang lebih aman dan minim efek samping berikut ini:

1. Minyak kelapa
Cara menebalkan alis secara alami dengan minyak kelapa bisa Anda lakukan di rumah.

Manfaat minyak kelapa diyakini dapat mencegah hilangnya protein dari rambut sehingga membuat bulu alis lebih kuat.

Selain itu, kandungan asam laurat pada minyak kelapa berperan sebagai zat antimikroba untuk mencegah munculnya infeksi pada folikel rambut alis. Dengan demikian, kerusakan bulu alis bisa dicegah dan membuatnya tumbuh lebih cepat.

Anda bisa mengoleskan minyak kelapa pada permukaan alis secara perlahan menggunakan kapas. Diamkan semalaman, kemudian bilas rambut alis keesokan harinya.

Lakukan cara menumbuhkan alis dengan cepat ini beberapa kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

2. Lidah buaya
Manfaat lidah buaya juga diyakini sebagai cara menebalkan alis secara alami. Sebab, lidah buaya mengandung senyawa aleonin yang dapat merangsang pertumbuhan rambut, termasuk rambut alis.

Anda bisa menggunakan gel lidah buaya yang berasal dari tanamannya langsung atau produk Aloe vera di pasaran, kemudian oleskan pada helaian alis.

Biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih. Gel lidah buaya tidak lengket dan mudah menyerap sehingga Anda dapat mengoleskannya beberapa kali dalam sehari.


3. Tea tree oil
Manfaat tea tree oil sudah banyak digunakan sebagai perawatan kulit dan rambut. Bahkan, diyakini dapat digunakan sebagai cara menebalkan alis secara alami dengan memberi efek lembap pada folikel rambut.

Anda bisa langsung mengoleskan minyak pohon teh pada helaian rambut alis sebanyak 2-3 tetes. Kemudian, diamkan semalaman.

Namun, Anda perlu menggunakannya dengan hati-hati karena tea tree oil dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang.

Maka, alangkah lebih baik Anda melakukan tes pada kulit tangan terlebih dulu sebelum mengoleskannya pada bulu alis.

Meski tampak menjanjikan, studi yang dilakukan National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH) Amerika Serikat mengungkapkan, khasiat minyak pohon teh sebagai cara melebatkan alis belum terbukti efektif.

Pasalnya, penelitian yang ada hanya manfaat tea tree oil untuk jerawat dan infeksi jamur, bukan sebagai cara menumbuhkan alis mata yang tipis.

4. Minyak lavender
Minyak lavender dikenal akan wanginya yang mampu menenangkan pikiran. Namun, tahukah Anda manfaat minyak lavender dapat digunakan sebagai cara menebalkan alis secara alami?

Sebuah penelitian menyebutkan minyak lavender dapat meningkatkan pertumbuhan rambut sebanyak 44% bila digunakan selama 7 bulan berturut-turut.

Penelitian pada hewan juga membuktikan, mengoleskan minyak lavender selama 4 minggu dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Kendati demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai keefektifan minyak lavender sebagai cara membuat alis lebih tebal.

Jika tertarik menggunakannya, Anda cukup mengoleskan beberapa tetes minyak lavender pada rambut alis. Namun, selalu lakukan tes pada kulit punggung tangan atau belakang telinga terlebih dahulu guna mencegah reaksi alergi yang mungkin timbul.

5. Susu
Susu dipercaya baik untuk pertumbuhan rambut karena memiliki banyak vitamin, mineral, dan nutrisi penting sehingga dapat menebalkan alis.

Cara menebalkan alis menggunakan susu cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa sendok makan susu putih murni dan kapas.

Basahi kapas dengan susu, lalu usapkan ke helaian rambut alis dengan lembut. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air jika sudah selesai. Anda bisa melakukannya setiap hari untuk mendapat hasil yang baik.


6. Minyak jarak
Minyak jarak merupakan salah satu solusi paling efektif sebagai cara menebalkan alis secara alami.

Menurut hasil riset yang dipublikasikan dalam Journal of Ethnopharmacology, kandungan ricinoleic acid, dalam minyak ini dapat mendorong pertumbuhan rambut dan alis, serta membuatnya lebih lebat dan kuat.

Anda dapat mengoleskan beberapa tetes minyak jarak pada alis dan memijatnya perlahan. Diamkan selama 30 menit, kemudian bersihkan dengan make up remover dan basuh wajah menggunakan air hangat.

Lakukan cara menumbuhkan alis yang tipis ini tiap hari agar lebih tebal dalam waktu kurang dari 6 minggu.

Namun, Anda perlu berhati-hati karena minyak jarak dapat menyebabkan reaksi alergi, seperti iritasi, gatal-gatal, dan ruam, pada sebagian orang.

7. Minyak zaitun
Minyak zaitun mengandung vitamin A dan E yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut. Manfaat inilah yang kerap dikaitkan dengan pertumbuhan alis.

Vitamin A dapat merangsang produksi sebum atau minyak alami sehingga mendorong pertumbuhan rambut. Sedangkan, vitamin E mampu memberi nutrisi pada setiap helai rambut.

Untuk menggunakannya, tuang setetes extra virgin coconut oil, lalu pijat pada area alis Anda.

Diamkan selama beberapa jam, lalu bersihkan menggunakan sabun pencuci muka. Lakukan setiap hari untuk mendapat hasil yang optimal.

8. Bawang merah
Bawang merah disebut-sebut dapat merangsang pertumbuhan rambut dan mencegahnya rontok. Klaim ini yang dipercaya sebagai cara melebatkan alis.

Jika tertarik menggunakannya, Anda bisa menghancurkan 1 siung bawang merah dan menyaringnya untuk mendapat sari bawang. Selanjutnya, oleskan sari bawang pada helaian alis dan biarkan selama 1 jam.

Setelah itu, bersihkan alis menggunakan kapas yang telah dibasahi sari lemon untuk menghilangkan bau menyengat bawang.

Anda bisa melakukan cara mempertebal alis dengan bawang setiap hari untuk mendapat hasil yang cepat.


9. Petroleum jelly
Cara melebatkan alis dengan petroleum jelly juga menarik untuk dicoba di rumah. Petroleum jelly mampu melembapkan kulit di bawah alis sekaligus merangsang pertumbuhan rambut alis agar lebih sehat.

Anda dapat mengoleskan petroleum jelly pada permukaan alis Anda dan biarkan semalaman. Lalu, bilas dengan air hangat pada pagi hari.

Lakukan setiap malam hari untuk memperoleh tampilan alis tebal yang Anda inginkan. Namun, perlu diketahui bahwa petroleum jelly mengandung minyak sehingga tidak disarankan digunakan bagi pemilik kulit berjerawat.

10. Minyak jojoba
Cara menebalkan alis secara alami dengan minyak jojoba disinyalir dapat menutrisi rambut dan membuka folikel rambut yang tersumbat. Dengan demikian, rambut alis bisa tumbuh lebih cepat.

Anda bisa mengoleskan beberapa tetes minyak jojoba pada alis. Kemudian, diamkan semalaman dan bilas saat pagi hari. Lakukanlah setiap hari untuk mendapat hasil yang maksimal.

11. Kuning telur
Menurut studi yang dimuat dalam Journal of Food Composition and Analysis, kuning telur dipercaya sebagai cara menumbuhkan alis yang tipis. Kuning telur kaya akan biotin yang dapat membantu pertumbuhan alis lebih cepat.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu menyiapkan sebutir telur dan kuas. Pisahkan kuning telur dari putihnya, kemudian kocok sampai halus.

Oleskan kuning telur pada alis menggunakan kuas. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan langkah ini sebanyak 2-3 kali seminggu.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa penggunaan kuning telur sebagai cara mempertebal alis berisiko menyumbat pori-pori kulit sehingga rentan menimbulkan jerawat pada beberapa orang. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.