Ragam  

10 Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai terpanjang di dunia. (Foto: medium)

Sukoharjonews.com – Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia sedangkan Amazon adalah sungai terbesar di dunia . Sungai adalah aliran air alami, biasanya air tawar, mengalir menuju samudra, laut, danau, atau sungai lainnya.


Dilansir dari Carieer power, Minggu (10/12/2023), Ini adalah bagian dari siklus hidrologi; air umumnya terkumpul di sungai dari curah hujan melalui cekungan drainase dari limpasan permukaan dan sumber lain seperti pengisian ulang air tanah, mata air, dan pelepasan air yang tersimpan dalam es alami dan tumpukan salju (misalnya dari gletser). 10 sungai terpanjang di dunia disajikan pada tabel di bawah ini.

1. Sungai Nil- 6650 Km
Sungai Nil dianggap sebagai sungai terpanjang di dunia . Total panjang sungai Nil adalah 6650 Km. Danau Victoria dianggap sebagai sumber sungai. Mengalir melalui Mesir, Uganda, Ethiopia, Kenya, Tanzania, Rwanda, Republik Demokratik Kongo, Eritrea, Burundi, Sudan, dan Sudan Selatan. Sungai Nil Biru dan Sungai Nil Putih adalah dua anak sungai. Meskipun bagi sebagian besar dari kita, Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia, ada sebagian ulama yang menganggap Sungai Amazon sebagai pemenang sejati gelar ini.

Sungai-sungai besar seperti Sungai Nil dan Amazon memiliki banyak sumber dan banyak anak sungai besar dan kecil. Kebutuhan untuk mencari sumber sungai yang terjauh ada jika panjang sungai yang sebenarnya harus dihitung. Seringkali, sumber-sumber tersebut berlokasi di lokasi terpencil dan tidak dapat diakses, sehingga penemuan sumber-sumber tersebut menjadi tugas yang sulit.

2. Sungai Amazon- 6575 Km
Sungai Amazon tidak diragukan lagi merupakan sungai terbesar di dunia berdasarkan volume debit airnya. Namun, posisinya sebagai sungai terpanjang kedua di dunia masih diperdebatkan karena gelar tersebut telah lama diberikan kepada Sungai Nil di Mesir.


Perselisihan muncul dari penentuan asal muasal Amazon. Sebuah studi baru-baru ini pada tahun 2014 mengklaim bahwa asal usul Amazon dapat ditelusuri ke Cordillera Rumi Cruz .

3. Sungai Yangtze- 6300 Km
Sungai Yangtze adalah sungai terpanjang ketiga di dunia dan terpanjang yang mengalir seluruhnya dalam satu negara . Ini juga merupakan sungai terpanjang di Asia . Daerah aliran sungai Yangtze menampung sepertiga penduduk negara terpadat di dunia, yaitu Tiongkok.

Secara tradisional, pemerintah Tiongkok mengakui anak sungai Tuotuo yang terletak di Pegunungan Tanggula sebagai sumber sungai. Namun menurut data baru, sumber Sungai Yangtze terletak di Bukit Jari dari mana hulu anak sungai Dam Qu berasal. Anak-anak sungai ini, dan lebih banyak lagi, bergabung membentuk Sungai Yangtze yang besar yang akhirnya mengalir ke Laut Cina Timur di Shanghai.

4. Sungai Mississippi- 6275Km
Sistem sungai yang terdiri dari sungai Mississippi, Missouri, dan Jefferson , dianggap sebagai sistem sungai terpanjang keempat di dunia . Sistem sungai mengaliri 31 negara bagian AS dan 2 provinsi di Kanada .

Sungai Mississippi dimulai di Minnesota utara di mana Danau Itasca diyakini sebagai sumber sungai dan mengalir ke Teluk Meksiko . Namun, jika kita menganggap Sungai Jefferson sebagai sumber terjauh dari Sungai Mississippi, maka kita mendapatkan sistem sungai Mississippi–Missouri–Jefferson.


5. Sungai Yenisei- 5539 Km
Ini adalah sistem sungai terpanjang kelima di dunia dan saluran air terbesar yang mengalir ke Samudra Arktik. Sungai Selenge dianggap sebagai hulu dari sistem sungai ini. Sungai Selenge memiliki panjang 992 km dan mengalir ke Danau Baikal .

Sungai Angara bermuara dari Danau Baikal dekat Listvyanka dan mengalir melalui Oblast Irkutsk di Rusia dan akhirnya bergabung dengan Sungai Yenisei dekat Strelka. Yenisei akhirnya mengalir ke Samudera Arktik . Total panjang yang ditempuh adalah 5.539 mil .

6. Sungai Kuning- 5464 Km
Disebut Sungai Kuning karena warnanya, ini adalah hasil dari sejumlah besar sedimen lepas di dalam air, sungai besar ini juga dikenal sebagai Huang He . Cekungannya dianggap sebagai tempat lahirnya peradaban Tiongkok kuno , dan masih menyimpan nilai besar bagi negara, baik secara praktis maupun simbolis.


7. Sungai Ob-Irtysh- 5410 Km
Ob-Irtysh, juga dikenal sebagai Sungai Ob , mewakili salah satu dari tiga sungai besar Siberia , bersama dengan Yenisei dan Lena. Membentang dari Pegunungan Altas dan mengalir ke Samudra Arktik .

8. Sungai Parana- 4880 Km
Terletak di Amerika Selatan , Sungai Parana adalah salah satu sungai terpanjang di dunia dan terbesar kedua di benua ini. Namanya merupakan singkatan dari ekspresi Tupi para rehe onáva , yang diterjemahkan menjadi ” seperti laut “.


9. Sungai Kongo- 4700 Km
Sebelumnya dikenal sebagai Sungai Zaire , Kongo membentang melengkung melintasi benua Afrika dan memiliki keunggulan sebagai satu-satunya sungai yang melintasi garis khatulistiwa dua kali . Ini juga merupakan sungai terdalam di dunia , dengan kedalaman lebih dari 700 kaki di beberapa tempat.

10. Sungai Amur- 4480 Km
Membentang di sepanjang perbatasan antara timur laut Tiongkok dan Rusia, Sungai Amur juga dikenal sebagai Heilong Jiang adalah sungai terpanjang kesepuluh di dunia. Meskipun kata amur diperkirakan berasal dari istilah “air”, dalam bahasa China Heilong Jiang diterjemahkan menjadi “ sungai naga hitam ”. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *