10 Fakta Menarik Protein Ikan Laut untuk Kesehatan

Manfaat ikan laut untuk kesehatan. (Foto: Pinterest)

Sukoharjonews.com – Perlu diperhatikan ikan yang tinggal di lautan, memiliki kandungan tinggi protein dan biasanya rendah lemak. Makanan yang kaya protein dapat menguatkan otot dan memperbaiki otot yang robek. Anda harus meningkatkan asupan makanan berprotein tinggi seperti ikan. Masing-masing didasarkan pada porsi 100 gram.

Dilansir dari Prosper, Senin (22/1/2024), ada beberapa jenis ikan yang banyak mengandung protein dan baik untuk dikonsumsi, berikut penjabarannya:

1. Ikan Tuna
Ikan tuna memiliki protein yang tinggi, dengan 30,7 gram protein dalam porsi 100 gram. Ikan tuna sangat mudah dinikmati, seperti sushi, sashimi dengan cara dibakar atau dipanggang, bahkan ada yang mengonsumsi dalam keadaan masih mentah. Selain itu juga mengandung vitamin D dan nutrisi penting lainnya seperti potasium, zat besi, dan yodium. Namun karena ikan tuna memiliki rantai makanan yang tinggi di perairan menyebabkan cenderung kadar merkuri tinggi dan menyebabkan bioakumulasi.

2. Gurita
Gurita ternyata memiliki kandungan protein 29,8 gram per porsi dan kaya kalsium magnesium, dan potasium. Gurita sangat baik diolah dengan cara dikukus atau merebus daripada dengan digoreng. Agar tidak mengurangi kandungan protein dan lemak pada gurita.

3. Ikan Teri
Kaya akan protein bukan berarti makanan tersebut mahal. Ikan teri sendiri juga sering digunakan ibu rumah tangga untuk olahan sambal dengan mengandung protein sebesar 28,9 gram per 100 gram. Meskipun makanan kaya protein ini memiliki kandungan natrium yang tinggi, makanan ini juga menawarkan banyak asam lemak omega-3, nutrisi yang banyak dari kita tidak mencukupi. Selama Anda selalu memperhatikan kadar natrium, ikan teri adalah cara efektif untuk menambahkan lebih banyak protein pada tubuh Anda.

4. Ikan Trout
Ikan Trout merupakan ikan yang lezat dengan rendah lemak dan mengandung 26,6 gram. ikan ini juga merupakan sumber potasium, selenium, fosfor, dan niasin yang sangat baik. Ikan ini memiliki ciri khas berwarna-warni dan untuk penyebarannya mudah ditemukan disekitar sungai di Amerika Utara dan Eropa.

Makanan laut berprotein tinggi ini kaya akan mineral, vitamin (termasuk B3, B5, B6, dan B12), dan asam lemak omega-3. Ikan Trout lebih rendah merkuri yaitu artinya lebih aman untuk dinikmati beberapa kali dalam satu minggu.

5. Lobster
Lobster yang dimasak akan sedikit lemak jenuh, kolesterol lebih rendah dibandingkan porsi ayam, babi, atau sapi yang setara, dan sedikit kalori. Lobster memiliki 20,3 gram protein. Pada pengolahannya lebih baik dengan mengukus atau memanggang dan bisa mencelupkan pada saus untuk menurunkan asupan lemak.

6. Ikan Kakap
Ikan kakap memiliki kandungan 26,3 gram yang memiliki manfaat nutrisi lainnya seperti tinggi selenium, vitamin A, asam lemak omega-3, dan potasium. Makan lebih banyak ikan kakap dapat mendukung sistem kekebalan tubuh Anda dan bahkan mengurangi tertular gangguan mata dan penyakit lainnya.

7. Ikan Nila
Ikan nila juga tidak kalah dengan ikan laut lainnya, ia memiliki kandungan protein 26,3 gram, tinggi vitamin B12, dan asam lemak omega-3. Namun ikan nila juga tinggi asam lemak omega-6 yang dapat meningkatkan peradangan. Pakar kesehatan menyarankan makan ikan nila tidak lebih dari dua atau tiga kali seminggu untuk menghindari efek samping dari ikan nila.

8. Ikan Kerapu
Ikan kerapu yang rasa manis dan lembut memiliki kandungan protein sebesar 24,8 gram. Ikan kerapu adalah ikan yang serat serta potasium, selenium, vitamin B12, vitamin B6, dan fosfor. Namun, sama seperti tuna, ikan ini memiliki kadar merkuri yang tinggi dan tidak boleh dimakan lebih dari dua kali seminggu.

9. Ikan Putih
Ikan putih atau disebut juga ikan bandeng dengan protein 24,5 gram, biasanya merupakan sumber selenium, yodium, dan vitamin B6, B3, dan B12 yang baik. Ikan Bandeng atau ikan putih merupakan ikan dengan warna putih dan biasa digunakan secara bergantian dalam masakan seperti ikan atau keripik. Jenis yang umum termasuk cod, haddock, hake, pollock, dan kapur sirih. Ikan bandeng ini dapat mengurangi penyakit jantung Jika Anda mencari sesuatu yang lebih sehat daripada ikan dan keripik, memanggang dan memanggang adalah cara yang bagus untuk menikmati ikan bandeng, Hering.

10. Ikan Kembung
Selain tinggi asam lemak omega-3, zat besi, dan potasium, makarel juga mengandung 24,2 protein. Ikan kembung dapat menjaga keseimbangan berat badan Anda, membantu pemulihan otot, dan melindungi kekebalan tubuh. Makarel yang baru ditangkap dan dipanggang adalah cara terbaik untuk menikmati makanan laut yang kaya protein.

Mengonsumsi makanan ikan dari laut yang rendah lemak dan tinggi protein akan membantu Anda dalam menjaga kekebalan tubuh, melindungi dari penyakit, mengatur pola otak anak, dan dapat mengatur berat badan. Ajak anak-anak Anda untuk mulai menyukai ikan dengan beberapa olahan yang dapat meningkatkan nafsu makannya. (myatun-mg2/nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar