10 Aplikasi Edit Foto Terbaik Agar Foto Lebih Aesthetic

Ilustrasi.

Sukoharjonews.com – Aplikasi edit foto menjadi kebutuhan yang tak terhindarkan untuk membuat hasil jepretan kamera menjadi lebih baik dan aesthetic. Dengan melakukan pengeditan pada foto, kita menjadi lebih percaya diri saat mengunggahnya di media sosial seperti Instagram, Tiktok, dan lainnya.

Berikut ini 10 aplikasi edit foto berbasis android yang layak dicoba:

1. Aplikasi Foto Grid
Siapapun pengguna Android pasti mengenal aplikasi ini. Lantaran, memiliki sistem antarmuka yang mudah dan sederhana sehingga membuatnya mudah untuk digunakan. Menariknya, aplikasi edit foto terbaik ini menawarkan kolase mencapai 18 foto. Ada 100 lebih pilihan tata letak bingkai foto yang dapat Anda gunakan. Selain itu ada pula fitur untuk mengubah rasio, memotong hingga mengedit foto menggunakan teks dan filter terbaik.

Dengan menggunakan aplikasi Foto Grid, Anda bisa menyimpan dan membagikannya ke media sosial dengan resolusi yang tinggi. Artinya, gambar yang akan dibagikan telah memiliki kualitas gambar terbaik.

2. Aplikasi PhotoDirector
Sebagai pecinta dunia fotografi pastinya sudah mengenal aplikasi yang akan direkomendasikan ini. Mengingat, sudah banyak pemula hingga profesional yang menggunakan aplikasi edit foto terbaik tersebut.

Aplikasi ini mampu menghasilkan hasil edit foto berkualitas. Tidak hanya Android saja, melainkan dapat digunakan untuk pengguna iOS. Cyberlink sebagai pencetus PhotoDirector melengkapi fitur tambahan seperti slider HSL, saluran warna RGB dan white balance. Tujuannya tentu saja agar Anda lebih mudah dalam melakukan editing tanpa harus memakai filter.

3. Aplikasi Photo Lab
Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk menggunakan efek-efek yang sangat bagus yang membuat foto menjadi lebih estetik. Aplikasi ini menyediakan lebih dari 800 efek untuk memperindah tampilan foto.

Efek tersebut misalnya seperti stylish photo filters, creative artistic effects, realistic photomontages, beautiful frames, hingga fitur kolase foto. Menariknya, aplikasi ini telah mengantongi interface yang intuitif dan sederhana.

4. Aplikasi VSCO
Termasuk dalam salah satu aplikasi edit foto yang direkomendasikan untuk Anda. Sebab, telah memiliki sejumlah fitur editing foto ala kamera dengan film modern, klasik dan analog. Aplikasi ini hadir akibat dari tidak ditemukannya pengaturan warna pada Instagram. Hal ini menyebabkan developer Visual Supply Co mengeluarkan VSCO untuk menjawab dan melengkapi kekurangan tersebut.

VSCO memiliki lima fitur andalan diantaranya yaitu Camera, Journal, Grid, Gallery dan Setting. Fitur tersebut dapat dimaksimalkan agar dapat menghasilkan foto editan profesional gaya gloomy dan vintage.

5. Aplikasi PicsArt Photo Studio
Apakah Anda sudah mengenal jenis aplikasi edit foto terbaik ini? Jika belum sebaiknya segera kenali, agar dapat memaksimalkan hasil foto menjadi lebih keren. Sebab, ada berbagai pilihan fitur, alat menggambar, efek dan kamera.

Anda juga dapat memanfaatkan fungsi platform sosial. Menariknya, ada fitur unggulan yang sangat menonjol dalam aplikasi ini yang bernama Magic Effect. Fitur ini memberikan kesan hidup pada gambar yang Anda edit. Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda hanya perlu membuka Google Play Store maupun App Store. Direkomendasikan karena banyak selebgram Indonesia sudah menggunakan PicsArt sebagai media editing.

6. Aplikasi Adobe Lightroom
Termasuk dalam buatan Adobe yang direkomendasikan karena termasuk dalam kategori aplikasi edit foto terbaik. Adobe lightroom sama seperti versi komputer yang dapat memanipulasi hasil gambar.
Alih-alih berusaha mempercantik diri secara virtual sampai membuat orang pangling, ada baiknya Anda asah kemampuan fotografi supaya lama-lama menjadi jago. Tidak perlu khawatir kalau hasil fotonya tidak begitu profesional, ada aplikasi Adobe Lightroom yang dapat melakukan enhancement seperti mengubah kontras warna dan memperbaiki tingkat exposure.

Kalau Anda tidak jago-jago amat, sudah ada beberapa preset yang berlaku seperti filter, dapat mengubah foto secara keseluruhan dalam sekali tap saja. Ada beragam preset yang tersedia, dan Anda pun dapat mengombinasikan beberapa preset sekaligus untuk menghasilkan karya fotografi yang begitu indah.

7. Aplikasi FilmoraGo
Jangan tanya kenapa aplikasi ini direkomendasikan, karena Google Play Store sendiri menyarankan FilmoraGo. Alasannya karena di dalam aplikasi ini sudah memiliki fitur edit yang lengkap.
Tombol video juga berukuran besar, hasil edit foto juga tidak mengandung watermark. Sehingga video Anda bersih dari nama aplikasi FilmoraGo.

8. Aplikasi Pixlr
Jika Snapseed tidak cukup memuaskan kebutuhan Anda karena alasan tertentu, atau Anda ingin pendekatan yang berbeda untuk fitur yang tersedia. Alternatif dan pesaing terbaik dalam industri di sini adalah Pixlr. Aplikasi ini berasal dari Autodesk, sebuah perusahaan besar di bidang teknik dan perangkat lunak desain 3D. Namun, aplikasi ini mungkin sedikit keluar dari domain perusahaan biasa. Pixlr adalah aplikasi editor foto yang benar-benar unik dengan set fitur yang sulit dikalahkan. Tentu saja, sangat mudah untuk mengontrol bahkan pada layar yang relatif kecil.

Pada dasarnya Pixlr Photo Editor memiliki semua fitur Snapseed. Yang berarti Anda tidak akan kekurangan apa pun ketika mulai menggunakannya. Sama seperti Snapseed, aplikasi ini bersifat serius dalam hal apa yang tersedia di dalamnya. Meskipun terdapat ratusan filter variabel, yang benar-benar dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas foto atau gambar.

9. Aplikasi Prisma
Aplikasi Prisma Photo Editor diklaim telah memiliki sekitar 110 juta pengguna. Mereka umumnya menyukai aplikasi yang menawarkan ratusan gaya seni yang berbeda ini. Dengan filter seni yang dirilis setiap hari, Prisma siap membantu menciptakan efek foto yang luar biasa sehingga foto tampak seperti lukisan yang keren.

Salah satu hal yang membuat aplikasi ini unik adalah adanya fitur Komunitas Kreator yang memungkinkan penggunanya untuk bergabung dengan kreator Prisma, berbagi kreasi dengan mereka, serta mendapatkan inspirasi baru untuk kreasi foto selanjutnya.

10.Aplikasi Photo Editor & Pic Collage
Tidak perlu lagi bosan dengan format grid yang itu-itu saja. Dengan kehadiran Photo Editor & Pic Collage besutan Square Quick, kini Anda bisa memperluas horizon dengan aplikasi yang begitu kreatif dan juga punya banyak variasi.

Tidak hanya untuk membuat foto kolase, aplikasi ini juga cukup ringan untuk melakukan pengeditan sederhana seperti penambahan teks, membuat foto jadi background blur, ataupun menambahkan efek-efek beragam lainnya. (alamsyah-magang 01/nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar